Source: http://amronbadriza.blogspot.com/2012/07/cara-membuat-judul-blog-bergerak.html#ixzz2B8IAMJmX

Kamis, 10 Mei 2012

PENGAIRAN IYU PITA DUU


CERITA RANkYAT 

  
PENGAIRAN   IYU PITA DUU...
Dalam kamus beras bahasa Indonesia perairan adalah pekerjaan yang bertalian dengan penyediaan air untuk pertanian dengan bendung, terusan dsb.
 Jadi cerita   iyu pita du....adalah  Pada suatu hari musim kemarau yang sangat panjang sehingga  masyarakat di daerah sekitar Weandoga... mau menimbah air di Sunggai besar, yaitu Sungai Weabu.  pada umunya masyarakat di Pegununngan bercocok tanam disaat musim kemarau, jadi pada saat ini ada salah-sattu keluarga Zonggonau  mau membuka lahan kebun di perbukitan di lereng  Gunung Ulaipigu, sehingga Bapak Zonggonau ini mengatur rencan untuk paginya membuka lahan kebun.
Pada saat pagi hari yang sangat cera, si Bapak ini sambil mengasah kapak dan  parang ia  menyuru  kedua putranya untuk membantu ayahnya, sehingga  kedua anak ini pun mempersiapkan bekal makanan  untuk santapan makanan sesudah kerja. Sesudah persiapan bekal makanan si ayah menyuru  kedua anaknya untuk star menuju lokasih, sesampai dilokasih  mereka pun  melekan bahan bakanan yang di sipkan dan si ayah ini mengatur strategi  dalam pembutan lahan/kebun, dan menugaskan kedua anaknya untuk  membersikan/memotong seluk belum, pohon-pohon kecil, yang terdapat di sekitar lokasih itu,sedangkan tugas ayah dari kedua anak ini menebang pohon yang besar di sepanjang lereng gunung Ulaipugu. Waktu pun berjalan selama Proses penebangan itu  berlangsung, begitu panasnya teriknya  mata hari menyinari mereka , sehinga mereka pun merasah lelah dan  sang ayah dari kedua anak ini pun meyuru kedua anaknya  untuk beristrahat sambil makan siang, akirnya mereka kembali ke tempat bertedu dan kedua anak  ini mangambil bama yang disiapkan lalu si ayah bertanya mana air yang di bawah, kedua anak ini sambil menaru tangan di kepala dan berkata aitaa,,, (Bapak) kami lupa dengan kata seru.. hujima duu itamiee (cepat timbah air dan bawah)  Ayahnya menyuru salah satu di anatara kamu dua kembali  menimbah air di sunggai Weabu dibawah karena disekitar sini pun tidak ada mata air kecil dan lagian sekarang musim kemarau. Dengn lapang dada, si adik bungsu (memuguu) yang bungsu ini pun  berjalan untuk menimbah air minum walaupun jarak dari lokasih kebun ke Sungai Weabu kurang-lehih 10 Km, si bungsu ini kembali dengan membawah air minum dalam tabung minum, nama tabung ini dalam bahasa moni adalah uwih buni.. sesampai di loka penebangan si bingsu meneru air dan memanggil kakak dan ayahnya ternyata si kakak dan anyahnya juga sepakat untuk menebang salah tu pohon yang sangat besar dan keras  sambil menunggu  ia yang menimbah air lalu si bingsu ini sambil mendekati mereka berdua  dan berkata air sudah ada sehingga mari kami makan siang dan istrahat. Kemudaian sesudah menebang pohon yang sangat besar dan keras itu mereka bertiga kembali ke tempat istrahat /bertedu tadi lalu mereka mulai makam, makannan yang disiapkan.
 sesudah makan  mereka mau minum air jadi menyuru adik bungsu ini di mana air yang di bawah lalu si bingsu ini pun berdiri dan mau mengambil air yang yang disimpang, disaat ia mau mengambil  iya memandang ke uwi buni  itu tetapi uwi buni uda mering singa ia pikir bahwa pasti airnya uda tumpah karena posisinya miring  60 derajat,  ketika sampai di dekat dan ia memandang   tabung/uwi buni  itu   air dalam tabung pun tumpa dan tak ada hentinya sehingga menjadi mata air yang sangat jerni,  dengan terkejut si bungsu ini memanggil ayah dan kakaknya untuk menyaksikan hal takjub yang terjadi. Sehingga  si Bapak zonggonau dan kedua anak menamakan Iyu Pita Duu.. yang asrtinya Air Yang Di Tanam...
 Amakanieee .
By F Zoally Zonggonau
Reaksi:

1 komentar:

  1. KEPADA TEMAN-TEMAN YANG LEBIH TAU TENTANG CERITA TOLONG DI LENGKAPI, KALAU MEMANG ADA KEKURANGNYAA

    BalasHapus