Source: http://amronbadriza.blogspot.com/2012/07/cara-membuat-judul-blog-bergerak.html#ixzz2B8IAMJmX

Senin, 27 Mei 2013

PERSETUJUHAN PEMEKARAN PROVINSI PAPUA TENGAH OLEH KABUPATEN PEMEKARAN



Pemekaran provinsi Papua Tengah, merupakan suatu wilayah astimintrasi negara. Pemekaran bertujuhan untuk mempermudah dan mengakses pembangunan dari berbagai aspek dan sector kehidupan manusia. Maka ada kerja keras dari elit politik untuk memekarkan provinsi Papua Tengah. Pemekaran itu telah di setujuhi oleh beberapa kabupaten, dan kabupaten yang mendukung adalah nota benenya kabupaten- kabupaten yang baru dimekarkan, misalnya Dogiayi, Deiyi, Intan Jaya dll. Maka kita sebagai kaum intelek mengkritisi, mengapa harus mereka yang mendukung ketimbang kabupaten yang lama.
Ada sebuah ilusterasi, sebelum penjelasan selanjutnya:
“ seorang laki-laki menika seorang gadis baru dari negri sebrang, ia mempunyai banyak tanggungjawab yang harus selesaikan setelah gadis itu masuk rumah. Yang pertama laki-laki menyelesaikan maskawi dari gadis itu, membuat rumah yang layak untuk hidup, membuat kebun,dll. Dan setelah selesai urusan sebagai kepala keluarga maka ia bisa merencanakan kegiatan yang lain”.
Cerita atau ilustrasi di atas mau mengatakan kepada kabupaten-kabupaten baru mekar yang ada membenahi duluh Rumah tangganya terlebih duluh (kabupatenya), baru memikirkan pembentukan pemekaran propinsi. Kalo belum beres maka pemekaran di tundah atau tidak usah, karena akan merusak kehidupan rumah tangganya.
Saya sebagai salah seorang kaum intelek tidak sependapat untuk pemekaran provinsi Papua Tengah karena setiap kabupaten yang ada di wilayah yang mau pemekarang masi belum maju dalam hal pembangunan fisik maupun manusia.
Secara singkat bereskan terlebih dahulu rumah tanggahnya masing-masing kabupatennya maka kemudian memikirkan rumah tanggah yang lebih besar lagi.

Migani ju dole…!!!!!
Oleh:Benyamin Magay
 Penulis adalah Mahasiswa STFT “Fajar Timur” Jayapura Papua.
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar